Saturday, October 4, 2014

Kokeshi Oshin (2)

Kotak Kokeshi Oshin - Lapuk termakan usia
Aku hanya anak perempuan yang penuh mimpi. Punya sejuta angan dan harapan. Suka sekali pada hal baru, apapun itu akan dicoba, dimainkan, dilakukan, dijalankan sampai habis waktu. Tantangan wajib dijawab. "Lo jual gw beli".


Cantik itu sederhana
Ketika ku kecil, seorang kerabat yang baru kembali dari negeri tempat gunung Fuji berada memberikanku buah tangan. Sebuah kotak kardus yang berisi sesosok gadis kayu cantik. Kokeshi sebutannya. Mata hitamnya segaris, hidungnya mungil, pipinya merona merah muda dengan rambut hitam berponi. Tak ketinggalan pakaian hitam dengan pahatan bunga sakura berwarna merah. Menambah apik.


Oshin - Keluar dari peraduan
Aku lantas memberinya nama Oshin. Bukan tanpa alasan. Kala itu serial Oshin tengah membahana di tanah air. Meskipun televisiku masih hitam-putih, aku ingat Oshin t'lah menjadi tontonan wajib bagiku. Ya, Kokeshi Oshin bagai oase untukku. Menenggelamkanku dalam khayalan. Merasuk ke serial Oshin.

Seingatku, Oshin segera ku perkenalkan pada Emong, boneka kucing biru dari abad 21. Mereka tampak akrab. Aku memainkannya setiap waktu. Tapi itu dulu, belasan tahun lalu. Setelah ku beranjak remaja-dewasa, terlalu banyak kegiatan yang ku ikuti. Bergabung dalam organisasi telah menjadi bagian hidupku.

Alhasil, kegiatan itu menyita detik demi detik waktu bermainku dengan seluruh bonekaku. Aku meninggalkannya terdampar diatas bangunan kayu didinding kamar tamu. Ya.. Aku sadar aku sempat melupakanmu. Aku sadar kalian pasti benci padaku. Aku sadar aku bersalah padamu.

Si Emong beruntung, telah ku pindah ke kamarku bersama puluhan sejenis. Yah, kecintaanku pada makhluk bulat biru berkumis ini melebihi cintaku padamu. Sementara kamu teronggok tanpa kata tanpa daya tanpa asa. Terlupa.


Diam tanpa kata
Pernah ku berpikir 'tuk memberikanmu pada orang lain tapi hatiku enggan. Otakku terlalu naif untuk memikirkan bagaimana kondisimu disana nanti. Sempat terbersit ingin membuangmu namun urung. Batin ini terlalu cinta padamu. Pun pada bayanganmu.


Aku 'tak akan menelantarkanmu

*tulisan ini dibuat untuk arisan blog bersama
Yessi I Findo I Niwa I Fietha I Amel I Hayyu I Haru

2 comments:

  1. ngapa namanya Emong-_- haha, poto bareng dong si oshin ama emong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar yahh.. emongnya malu-malu soalnya, susah diajak foto bareng Oshin..:D

      Delete