Wednesday, June 29, 2016

Doraemon = Jepang

Doraemon*)
aku ingin begini aku ingin begitu
ingin ini ingin itu banyak sekali
semua semua semua dapat dikabulkan
dapat dikabulkan dengan kantong ajaib

aku ingin terbang bebas di angkasa
hei, baling-baling bambu ...
La.. La.. La.. aku sayang sekali
Doraemon

Petikan lagu di atas selalu mengingatkanku dengan masa kecilku yang riang dan penuh canda. Doraemon sudah menjadi temanku sejak aku belum tau bangku sekolah hingga kini. Kartun besutan Fujiko F Fujio ini mengisahkan persahabatan antara Nobita, seorang anak kelas 4 SD - sampai sekarang masih juga belum naik kelas dan Doraemon - robot kucing masa depan yang kental dengan kehidupan dan budaya Jepang.

Itulah kali pertama aku mengenal Jepang sebagai tempat tinggalnya si Emon (doraemon.red). Jepang bagiku berarti Doraemon dan Doraemon itu ya ada di Jepang. Begitulah aku menyukai negara ini sebagai negerinya Doraemon dan aku pun bermimpi suatu saat akan kesana dengan satu tujuan utama, mengunjungi museum Fujiko F Fujio sang maestro, pencipta karakter Doraemon.

Museum ini terletak di kota Kawasaki, Kanagawa Prefecture, Jepang. Di dalamnya, kita dapat melihat karya-karya tokoh ciptaan dari Fujiko F Fujio. Sebelum ke sana, kita harus membeli tiket di Lawson dan menentukan waktu kedatangan. Jika terlambat, maka kita tidak akan bisa masuk ke museum. Berikut tempat-tempat yang rencananya akan saya kunjungi bila ke sana.


bus menuju museum dari Stasiun Noborito**)
Penampakan depan Museum Fujiko F Fujio**)

Lokasi wajib foto**)
makanan yang wajib dibeli nanti**)
buah tangan incaran**)

Selain Doraemon, satu kartun yang aku sukai ialah Conan. Kartun ini menceritakan kisah anak SMA bernama Sinichi Kudo yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata sampai ia berhasil memecahkan sejumlah kasus kriminal (pembunuhan) dan dijuluki detektif SMA terkenal dari Barat. Suatu hari, Sinichi bertemu dengan para gengster dan ketahuan, sampai-sampai ia terpaksa meminum racun yang membuat tubuhnya mengecil. Untuk mencari obat penawar, akhirnya Sinichi mengubah identitasnya menjadi Conan.

Inilah kali selanjutnya aku jatuh hati pada Jepang. Beberapa tempat ini seringkali dikunjungi Conan saat memecahkan kasus-kasus yang pelik.

Gunung Fuji dan Sakura**)
Tokyo Tower - merah di antara putih**)

 Semoga, beberapa tahun mendatang bisa kesana setelah ke Mekkah. Aamiin.


*) foto by me
**) foto by net

1 comment: